BREAKING NEWS :
Loading...

Gatal gatal pada malam hari , ini penyebabnya



Muslim bersatu - Rasa gatal dapat terjadi kapan saja, termasuk di malam hari. Gatal kulit yang terjadi pada malam hari dapat mengganggu waktu tidur dan lebih berisiko untuk digaruk secara berlebihan. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.
Umumnya, gatal kulit di malam hari disebabkan oleh kulit kering dan perubahan suhu tubuh di malam hari. Selain itu, gatal kulit di malam hari juga bisa disebabkan oleh penyakit psoriasis, eksim, dan gigitan serangga, seperti tungau dan hama kasur.

Cara Mengatasi Gatal Kulit di Malam Hari

Meskipun kulitmu terasa gatal, usahakan untuk tidak menggaruknya. Menggaruk kulit yang gatal justru dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Untuk mencegah kamu menggaruk kulit ketika tidur, kamu bisa menggunakan sarung tangan. Juga jangan lupa menggunting kuku sebelum tidur.
Jika kulitmu terasa sangat gatal, kamu bisa menepuk kulit dengan lembut, sampai rasa gatal mereda. Apabila gatal kulit di malam hari masih mengganggu, kamu dapat mencoba mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

1.Jaga suhu ruangan tetap sejuk

Suhu ruangan yang terlalu panas dapat membuatmu merasa tidak nyaman dan gatal. Oleh karena itu, jagalah suhu ruangan agar tetap sejuk, sekitar 20-24 derajat Celsius.

2.Oleskan pelembap

Kulit yang terjaga kelembapannya akan terhindar dari gatal. Jadi, jangan lupa oleskan losion pelembap setelah mandi. Pastikan kamu menggunakan losion yang tidak mengandung alkohol atau bahan pewangi.
3.Pakai baju tidur yang terbuat dari bahan lembut
Kamu juga bisa mengurangi rasa gatal dengan cara menggunakan baju tidur yang terbuat dari bahan-bahan lembut, misalnya serat katun alami. Bahan pakaian seperti ini selain nyaman digunakan, juga dapat menyerap keringat dengan baik.
4.Gunakan humidifier

Apabila menggunakan AC di kamar, menyalakan humidifier atau pelembap udara sebelum tidur dapat menjaga agar kulitmu tidak kering. Jika kelembapan kulitmu terjaga selama tidur, kamu akan terhindar dari keluhan kulit gatal di malam hari.

5.Kelola stres dan konsumsi obat
Tenangkan pikiran sebelum tidur, karena terlalu banyak beban pikiran dapat membuatmu stres dan mengalami gatal di malam hari. Jika rasa gatal muncul akibat reaksi alergi, kamu bisa mengonsumsi obat antialergi. Namun, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ya.
Jangan biarkan kulit gatal di malam hari terjadi berlarut-larut. Atasi dengan melakukan beberapa cara di atas. Namun jika rasa gatal di malam hari berlangsung selama lebih dari dua minggu, mengganggu tidurmu, atau disertai dengan gejala lain, seperti demam, ruam kulit, dan berkurangnya berat badan, segeralah periksakan diri ke dokter.













terkait - gatal kulit kepala,gatal kulit kering,gatal kulit menghitam,gatal kulit kaki,gatal kulit berair,gatal kulit merah,gatal kulit mengelupas,gatal kulit bintik kecil,gatal kulit ayam,gatal kulit akibat jamur,gatal kulit alergi makanan,gatal kulit akibat kutu,gatal kulit awal kehamilan,gatal kulit akibat darah kotor,gatal kulit alergi dingin,gatal kulit akibat diabetes,gatal kulit bintik merah,gatal kulit bersisik,gatal kulit bernanah,gatal kulit badan,gatal kulit berisi air,gatal kulit bintik,gatal kulit celah paha,gatal kulit cacing,kulit gatal cekit cekit,kulit gatal coklat,kulit gatal cuaca dingin,kulit gatal cacingan,kulit gatal clekit clekit,rawatan gatal kulit cara islam,obat gatal kulit china,obat gatal kulit cina,gatal kulit di malam hari,gatal kulit dalam,gatal kulit di selangkangan,gatal kulit di leher,gatal kulit dan obatnya,gatal kulit di paha,gatal kulit dan berair,gatal kulit darah kotor,gatal kulit di kaki,gatal kulit di punggung,gatal di kulit kepala,gatal di kulit kemaluan,gatal di kulit tangan,gatal di kulit kaki,gatal di kulit buah zakar,gatal di kulit perut,gatal di kulit leher,gatal di kulit payudara,gatal kulit eksim,gatal kulit exim,gatal kulit english,alergi kulit gatal,kulit gatal eczema,obat gatal kulit eksim kering,obat gatal kulit eksim,obat gatal kulit elocon salep,salep gatal kulit eksim

No comments

Powered by Blogger.