BREAKING NEWS :
Loading...

Nilai spiritual itu penting




Muslim bersatu - Rais 'Aam PBNU, KH Miftahul Akhyar menyinggung soal bonus demografi yang akan terjadi pada tahun 2035 mendatang. Masa di mana para pemuda di usianya yang masih tergolong produktif akan lebih mendominasi pada situasi tersebut.

Menurut pandangannya, para pemuda harus menyiapkan bekal pengetahuan yang cukup matang, mulai dari pengetahuan umum, pengetahuan agama hingga nilai-nilai spritual.

Itu penting menurut dia agar para pemuda bisa mewarnai dengan hal-hal yang positif dan penuh kemajuan. Bahkan ia mengimbau agar pengetahuan umum, agama serta nilai-nilai spritual harus dimiliki dengan seimbang.

"Pengetahuan dan ilmu akan berbahaya jika tidak diimbangi dengan nilai spiritual menghadapi tahun 2035 yang kita kenal dengan istilah bonus demografi," katanya saat menyampaikan ceramah agama di peringatan puncak Haul Mbah Bisri Syansuri, Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (7/3) malam.

Perkembangan zaman menurut pandangannya demikian cepat. Sampai pada tahun 2019 ini saja sudah cukup terasa, terutama perkembangan dunia digital atau mesin. Berbagai aktivitas manusia tak sedikit yang sudah tergantikan oleh mesin. "Bisnis online sudah marak di mana-mana," ujarnya.

Bahkan, kata dia, ada ilmuwan yang sudah sukses membuat robot sama seperti wanita. Dan pada perkembangannya ilmuwan tersebut menjanjikan robot buatannya itu juga akan bisa memberikan keturunan.

"Pembuatnya bersesumbar bahwa nanti robot itu bisa 'manak', bisa melahirkan," ungkapnya.

Untuk itu, imbuhnya, sudah menjadi keharusan bagi pemuda untuk menyiapkan segala sesuatunya, terutama ilmu pengetahuan dan nilai-nilai spiritual. Jika tidak demikian, ia menyebut bukan bonus demografi yang terjadi, melainkan bencana demografi.

"Kalau nanti pada zaman bonus demografi, mereka mengharapkan kesejahteraan merata, tapi otak tidak dibimbing oleh kebenaran, bukan bonus demografi yang didapatkan namun bencana demografi yang didapatkan," jelasnya.














terkait - nilai spiritual dalam pancasila,nilai spiritual dalam pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara,nilai spiritual k13,nilai spiritual pancasila dalam penyelenggaraan pemerintah negara,nilai spiritual dalam praktik penyelenggaraan negara,nilai spiritualitas,nilai spiritual dapat dilihat pada sila pertama yang mana maknanya adalah,nilai spiritual dan sosial,nilai spiritual dalam sosiologi,nilai spiritual adalah,nilai spiritual agama islam,nilai spiritual artinya,nilai nilai spiritual atau sakral yang terdapat dalam musik tradisional,nilai spiritual pancasila aktualisasinya dirumuskan dalam sila,nilai positif dari aspek spiritual atas adanya kerjasama ekonomi internasional,aktualisasi nilai spiritual praktik penyelenggaraan pemerintahan,jelaskan nilai spiritual yang ada dalam permainan gobak sodor,nilai budaya spiritual,buku nilai spiritual,nilai spiritual yang terkandung dalam bela diri yaitu,bentuk nilai spiritual,nilai spiritual dan contohnya,contoh nilai spiritual k13,contoh nilai spiritual dalam sosiologi,nilai spiritual dalam musik tradisional,format nilai spiritual,nilai spiritual haji,nilai spiritual dan harapan,nilai spiritual kultural institusional,indikator nilai spiritual,instrumen nilai spiritual,jelaskan nilai spiritual dan pencerahan musik populer,jelaskan nilai spiritual yang terkandung dalam pencak silat,jurnal nilai spiritual,jenis nilai spiritual,nilai karakter spiritual,nilai sikap spiritual kurikulum 2013,deskripsi nilai spiritual k13,nilai sikap spiritual k13

No comments

Powered by Blogger.