BREAKING NEWS :
Loading...

Cegah darah rendah dengan cara ini



Muslim bersatu - Gula darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah atau glukosa di dalam tubuh berada di bawah kadar normal. Jika kadar glukosa sangat rendah, otot dan sel-sel pada otak akan kekurangan energi sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.
Gula darah rendah dapat terjadi pada seseorang yang belum makan selama beberapa jam. Akan tetapi, gula darah rendah lebih sering terjadi pada orang-orang dengan diabetes karena penggunaan obat-obatan insulin atau obat antidiabetes yang diminum. Risiko penurunan gula darah akan lebih besar pada penderita diabetes yang berolahraga lebih berat daripada biasanya, makan lebih sedikit daripada biasanya atau menjalani diet yang terlalu ketat, dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Cara Mencegah Gula Darah Rendah

Bagi Anda yang rentan terserang hipoglikemia, atau penderita diabetes yang ingin menghindari gula darah rendah, beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut:
  • Memeriksa kadar gula darah secara teratur
    Rajin-rajinlah memeriksa kadar gula darah sesuai anjuran dari dokter. Anda dapat melakukan pemeriksaan gula darah sendiri menggunakan glukometer (alat pengukur gula darah) di rumah. Pelajari cara penggunaannya sesuai petunjuk pemakaian alat atau pengarahan dokter.
  • Mengatur pola makan yang teratur
    Usahakan untuk mengatur jadwal makan menjadi tiga kali makan besar yang diselingi dengan makanan ringan. Atur jadwal makan Anda agar berselang empat atau lima jam sekali, dan jangan pernah melewatkan waktu makan. Jangan lupa juga untuk mengganti kalori yang terbuang apabila Anda merasa telah beraktivitas lebih banyak daripada biasanya.
  • Pilih menu makanan seimbang
    Konsumsi menu makan seimbang dapat membantu mencegah Anda dari kondisi gula darah rendah. Pastikan untuk mencukupi asupan protein, seperti daging ayam tanpa kulit, ikan, telur, kacang kedelai, atau tahu dan tempe, dalam menu makanan Anda. Proteinakan membantu menjaga gula bertahan lebih lama selama diserap oleh tubuh.
    Selain itu, jangan lewatkan karbohidrat kompleks yang bisa didapat dari beras merah atau roti gandum. Lengkapi diet sehatmu dengan buah-buahan yang merupakan sumber gula alami, seperti buah semangka, pisang, pir, mangga dan anggur.
  • Sedia camilan
    Siapkan makanan ringan yang mengandung karbohidrat dan protein di kantor, di rumah, atau di perjalanan. Makanan ringan atau camilan dapat membantu mencegah gula darah rendah.
  • Patuhi petunjuk dokter
    Anda yang menderita diabetes disarankan selalu mematuhi petunjuk dokter dalam mengonsumsi obat-obat antidiabetes, termasuk insulin. Aturan pola makan dari dokter atau ahli gizi Anda juga harus dipatuhi. Tujuannya adalah agar gula darah tetap stabil dan terhindar dari komplikasi penyakit.
Mengendalikan kadar gula darah untuk menghindari gula darah rendah memang membutuhkan kedisiplinan, terutama dalam mengatur pola makan. Namun kadang pengaturan pola makan saja belum cukup, jadi jangan ragu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.















terkait - darah rendah makan apa,darah rendah pada ibu hamil,darah rendah berapa,darah rendah minum kopi,darah rendah saat hamil,darah rendah obat,darah rendah saat haid,darah rendah 80,darah rendah makan sate kambing,darah rendah adalah,darah rendah atau anemia,darah rendah akibat,darah rendah apa obatnya,darah rendah apakah berbahaya,darah rendah akibat kurang tidur,darah rendah apa boleh donor darah,darah rendah alodokter,darah rendah akibatnya,darah rendah apakah bisa stroke,darah rendah bahasa medis,darah rendah bisa menyebabkan,darah rendah bisakah melahirkan normal,darah rendah bisa vertigo,darah rendah bisa stroke,darah rendah buah,hb darah rendah,hb darah rendah berapa,hb darah rendah adalah,hb darah rendah akibatnya,hb darah rendah saat hamil,hb darah rendah artinya,hb darah rendah pada anak,hb darah rendah pada bayi,vitamin b untuk darah rendah,makanan penambah hb darah rendah,darah rendah ciri ciri,darah rendah cara mengatasi,darah rendah ciri2nya,darah rendah cepat lelah,darah rendah cara

No comments

Powered by Blogger.