BREAKING NEWS :
Loading...

Manfaat Ruku' dan Sujud Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Diketahui Banyak Orang



Portal Aswaja - Ruku' dan sujud adalah salah satu gerakan yang wajib ada dalam shalat. Jika kedua gerakan tersebut ditinggalkan, maka shalatnya tidak akan sah atau tdiak diterima oleh Allah.

Shalat lima waktu merupakan shalat yang wajib dilakukan oleh semua umat manusia, jika ditinggalkan maka akan mendapatkan dosa. Selain itu, shalat adalah perintah dari Allah agar umat manusia senantiasa ingat pada-Nya.

Tetapi, terkadang banyak orang melakukan shalat hanya untuk formalitas saja. Bukan karena ingin memenuhi perintah dari Allah. Sehingga mereka melakukan shalat dengan cepat. walaupun bacaanya benar, tetapi hal tersebut sangat disayangkan. 

Karena shalat adalah media untuk manusia istirahat dari rutinitas yang melelahkan, juga media untuk mengadu pada Allah. Banyak sekali manfaat gerakan shalat, contohnya adalah ruku' dan sujud. Berikut manfaat ruku' dan sujud lama bagi umat manusia.

1. Menggugurkan dosa
Rasulullah bersabda : "Sungguh, jika seorang hamba berdiri untuk shalat; semua dosanya didatangkan, dan diletakkan di atas pundaknya. Maka setiap kali dia ruku’ dan sujud, dosa-dosa tersebut menjadi berjatuhan”. (Lihat Silsilah shahihah: 1398, sanadnya shahih).


Dari hadist di atas, dapat di ambil kesimpulan bahwa semakin lama ruku’ dan sujud, maka akan semakin banyak dosa yang akan dilepaskan dari diri manusia. 

2. Memperlancar aliran darah
Posisi ruku’ yang sempurna ini juga bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi punggung sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf serta posisi jantung sejajar dengan otak sehingga bagian tengah badan kita bisa teraliri darah dengan sempurna.

3. Merelaksasi otot
Posisi ruku' adalah posisi tangan tertumpu pada lutut, hal ini sangat bermanfaat untuk merelaksasikan pada otot-otot bahu sampai ke bawah. 

4. Sujud memperlancar kerja organ dalam 
Posisi sujud ini berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan daerah ini kaya akan kandungan oksigen yang bisa mengalir secara maksimal ke otak. 

5. Kesuburan bagi wanita
Khusus bagi wanita baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan. Karena melatih kemih bekerja dengan baik. 

Terbukti bukan bahwa ruku' dan sujud memilki kahsiat yang luar biasa. Selain membawa kema'rufan, kedua gerakan tersebut juga baik untuk kesehatan.


No comments

Powered by Blogger.