BREAKING NEWS :
Loading...

Sosok Gus Dur tidak bisa lepas dari Istilah Demokrasi


Muslim bersatu - Pengasuh Pondok Pesantren Ashtra, Jember, Jawa Timur,  KH. Ayyub Syaiful Rijal menegaskan bahwa demokrasi tidak bisa dicapai dengan grusah-grusuh. Demokrasi bukan sesuatu yang instan, namun butuh proses.  Dalam proses itu dibutuhkan usaha, perjuangan, dan bahkan pengorbanan yang  berdarah-darah.
“Untuk mencapai demokrasi yang ideal, harus diperjuangkan,” tukasnya saat menjadi nara sumber dalam Dialog Kebangsaan: Demokrasi Indonesia, Demokrasi Galau?  di Gedung Kuliah Terpadu,  IAIN Jember, Selasa (19/2). 
Menurutnya, demokrasi yang dicapai Indenesia setelah era reformasi, sungguh fenomenal.  Kendati hasilnya tidak terlalu bagus namun tetap  wajib disyukuri. Diakui atau tidak, apa yang diraih Indonesia saat ini, bukan sesuatu yang  mudah.  
“Demokrasi di Indonesia setelah reformasi tidak ujug-ujug ada. Namun didahului oleh rintisan perjuangan seperti Fordem (Forum Demokrasi, yang didirikan Gus Dur),” jelasnya.
Gus Syef, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa memperbincangkan demokrasi tidak bisa dilepaskan dari sosok Gus Dur. Sebab, Gus Dur adalah salah satu tokoh yang tak kenal lelah dalam memperjuangkan demokrasi, baik melaui gerakan maupun gagasan, meskipun terkakang pemikirannya nyleneh. Salah satunya adalah dengan membentuk Fordem untuk memperpjuangkan demokrasi sekaligus melawan represi pemeritahan Orde Baru.
“Melihat sosok Gus Dur jangan memakai otak semata. Namun harus menggunakan kecerdasan spiritual,” jelasnya 






terkait - demokrasi pancasila,demokrasi terpimpin,demokrasi liberal,demokrasi parlementer,demokrasi di indonesia,demokrasi pancasila bersumber pada,demokrasi langsung,demokrasi konstitusional,demokrasi dalam islam,demokrasi adalah,demokrasi adalah pemerintahan,demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,demokrasi apa yang berlaku pada awal kemerdekaan indonesia,demokrasi adalah landasan dalam menata sistem,demokrasi awal kemerdekaan,demokrasi adalah brainly,demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat hal ini dinyatakan oleh,demokrasi adalah pelembagaan dari kebebasan yang artinya,a. hakikat demokrasi,a. pengertian demokrasi,kisa demokrasi a ye,a.ö.l demokrasi ve insan hakları,demokrasi a fizi,demokrasi berasal dari bahasa,demokrasi berasal dari kata demos yang artinya,demokrasi berdasarkan ideologi,demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat,demokrasi berarti,demokrasi berdasarkan hubungan antar kelengkapan negara,demokrasi berasal dari kata demos dan kratos demos artinya,demokrasi berdasarkan prinsip ideologi,demokrasi berasal dari,demokrasi barat,prinsip demokrasi b mayo,b. dinamika penerapan demokrasi pancasila,m.e.b. demokrasi eğitimi ve okul meclisleri yönergesi,demokrasi campuran,demokrasi consociational,demokrasi contoh,demokrasi china






No comments

Powered by Blogger.