BREAKING NEWS :
Loading...

Kurangnya pengalaman Cawapres KH Ma'ruf Amin dalam debat pilpres 2019



Portal Aswaja - Cawapres KH Ma'ruf Amin dinilai memiliki porsi kecil dalam debat perdana capres-cawapres Pilpres 2019 dibanding pasangannya, capres petahana Joko Widodo. Yenny Wahid pun memberi pembelaan.

"Kalau saya melihat gestur Pak Jokowi lebih banyak mempersilakan kepada Kiai Ma'ruf untuk memberikan jawaban beliau," ungkap Yenny setelah menonton debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jaksel, Kamis (17/1/2019).

Dalam debat perdana malam tadi, Ma'ruf memang hanya berbicara sedikit. Pertama memberi dukungan atas jawaban Jokowi pada segmen soal penegakan hukum yang tidak bertentangan dengan HAM. Kedua soal disabilitas, ketiga soal radikalisme. Keempat mengenai kepastian hukum bagi UMKM, dan kelima tentang kontraterorisme.


"Yang kita lihat bukan cuma terorisme dan radikalisme, tetapi juga disabilitas, penyandang disabilitas, beliau diberi kesempatan bicara," kata Yenny.


"Saya lihat ini bukan porsi yang kecil. Dan yang saya catat, Kiai Ma'ruf bisa memberikan imbangan perspektif yang baik untuk menambahkan pernyataan Pak Jokowi," tambahnya.

Yenny juga mengomentari pernyataan Prabowo yang akan menaikkan gaji birokrat agar membentuk birokrasi yang bersih dari korupsi. Ia menyebut saat ini gaji birokrat sudah cukup tinggi. 

"Gus Dur termasuk presiden pertama yang menaikkan gaji para birokrat. Jadi kita mengerti sekali persoalan perlunya memberikan kompensasi yang adil kepada para birokrat untuk mengecilkan keinginan para birokrat untuk korupsi karena didorong ketidakmampuan mencukupi kebutuhan hidupnya," sebut Yenny.

"Namun faktanya, saat ini birokrat kita penghasilannya sangat tinggi dibandingkan pegawai swasta. Birokrat kita cukup bersaing pendapatannya, ditambah tunjangan-tunjangan lainnya. Pemerintah, menurut saya, sangat royal dalam memberikan tunjangan, bukan hanya kepada birokrat, bahkan kepada pegawai honorer dan sebagainya," imbuh putri Presiden ke-4 RI Gus Dur itu.


Besarnya gaji birokrat kini, disebut Yenny, tak terlepas dari kebijakan Presiden Jokowi.

"Saya rasa itu cerminan dari niat Pak Jokowi menciptakan kesejahteraan yang lebih merata di tengah masyarakat," tutur Yenny.

Sebelumnya, Prabowo Subianto berjanji akan meningkatkan gaji birokrat bila terpilih menjadi presiden. Namun dia menegaskan, apabila masih ada yang korupsi, hukuman berat akan menanti.

"Kita akan menaikkan gaji birokrat. Kalau dia masih melakukan korupsi, kita bisa tindak sekeras-kerasnya. Kita bisa contoh negara lain, bisa kita taruh di pulau terpencil, seperti melakukan pekerjaan tambang pasir terus-menerus mungkin," ujar Prabowo dalam forum debat perdana di Hotel Bidakara, Kamis (17/1).

Menjawab Prabowo, Jokowi menyebut saat ini PNS sudah diberi tunjangan kerja yang besar. Dia mengatakan yang paling penting adalah perampingan birokrasi. Selain itu, perlu merit system yang menerapkan posisi berdasarkan integritas dan rekam jejak.

"Saya tidak setuju karena kita tahu, untuk mencegah korupsi ASN, gaji ASN kita, PNS kita, sudah ada dengan tunjangan kinerja yang besar," kata Jokowi





penulis - Saiful Chamdi.
terkait - debat pilpres 2014,debat pilpres 2019 youtube,debat pilpres 2019 tanggal,debat pilpres 2019 dimana,debat pilpres 14 januari 2019,debat pilpres 2019 live,debat pilpres jam,debat pilpres 2019 kapan,debat pilpres amerika,debat pilpres bahasa arab,acara debat pilpres 2019,debat pilpres berujung maut,debat pilpres pakai bahasa inggris,debat pilpres 2019 menggunakan bahasa inggris,berita debat pilpres 2019,berita debat pilpres,debat calon pilpres 2019,debat pilpres diwakilkan,debat pilpres diwakili timses,debat pilpres di mata najwa,debat pilpres di kampus,debat pilpres desember 2018,debat pilpres 2019 jadwal,hasil debat pilpres 2019,debat pilpres ilc,debat pilpres 2019 ilc,debat pilpres malam ini,debat pilpres jokowi vs prabowo,debat pilpres jadwal,jadwal debat pilpres 2019,jadwal debat pilpres 2018,debat pilpres kpu,debat kandidat pilpres 2019,debat kandidat pilpres,debat kampanye pilpres,kapan debat pilpres 2019,debat pilpres 2019 mata najwa,moderator debat pilpres 2014,materi debat pilpres,debat pilpres november 2018,debat pilpres pake bahasa inggris,debat pilpres prabowo vs jokowi,debat panas pilpres 2019,debat politik pilpres 2019,debat pertama pilpres 2019,debat pendukung pilpres,debat politik pilpres,pertanyaan debat pilpres,debat pilpres ramai sebelum dimulai,debat pilkada rasa pilpres,debat seru pilpres 2019,debat seru pilpres,debat tim sukses pilpres 2019,debat tim sukses pilpres,debat pilpres terbaru,debat pilpres tv one,debat pilpres tanggal,debat pilpres terkini,debat pilpres tadi malam,debat pilpres timses,debat pilpres tewas,debat pilpres tempo,debat pilpres tanggal berapa,debat timses pilpres 2019,debat pilpres visi misi,video debat pilpres 2019,video debat pilpres 2014,video debat pilpres,debat pilpres youtube,youtube debat pilpres 2018

No comments

Powered by Blogger.