BREAKING NEWS :
Loading...

Menangisi Jenazah - Kehidupan Sebelum dan Sesudah Kematian - Portal aswaja

MENANGISI JENAZAH

AL-FaQih Abu Laits Mengatakan , " Meratapi Jenazah itu haram hukum nya. Menangisinya Boleh. tapi bersabar itu lebih utama. " Allah swt. Berfirman di dalam al -Quran : 

قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. ( QS . az - ZUMAR : 10 )
Nabi Muhammad saw. pernah bersabda , " wanita yang meratapi kematian seseorang , sedangkan orang orang di sekitarnya mendengar ratapan itu dan tidak berusaha mencegahnya , Niscaya mereka akan di Laknat oleh ALLAH, para malaikat dan seluruh manusia.
Syahdan, ketika Hasan bin hasan bin ali meninggal dunia , para istri menunggui kuburannya  selama hampir setahun penuh , sampai tenda tempat mereka berteduh  di depan kuburan suaminya itu tiba tiba roboh , bersamaan dengan itu sebuah suara gaib menyeru tak jauh dari kuburan tersebut. suara itu berseru , apakah dengan tindakan itu kalian bisa mendapatkan kembali apa yang telah hilang dari kalian?
Kemudian dari arah lain mereka mendengar suara seruan gaib yang lebih jelas mengatakan segera tinggalkan tempat ini , ketahuilah apa yang kalian lakukan itu adalah tindakan yang buruk .
Dalam riwayat lain disebutkan , ketika ibrahim putra nabi Muhammad meninggal dunia, Beliau menitikkan air mata , menyaksikan hal itu , Abdurrahman bin auf berkata kepada beliau . " ya Rasullah bukankan engkau pernah melarang kami menangisi jenazah. "
Rasullah menjawab , "Sesungguhnya aku melarang kalian dari dua suara dua bentuk kemaksiatan yaitu suara ratapan dan suara nyanyian serta tindakan mencakar-cakar wajah dan merobek robek baju , adapun air mata ini adalah rahmat yang di ciptakan ALLAH di dalam hati para penyayang.

TAG :kehidupan dan kematian,kehidupan dan kematian manusia,kehidupan dan kematian menurut islam,kehidupan dan kematian sel,konsep kehidupan dan kematian,konsep kehidupan dan kematian dalam islam,jarak kehidupan dan kematian,allah menciptakan kehidupan dan kematian,makna kehidupan dan kematian,renungan kehidupan dan kematian,hakikat kehidupan dan kematian,fitnah kehidupan dan kematian,puisi kehidupan dan kematian,filsafat kehidupan dan kematian,pengertian kehidupan dan kematian,hakekat kehidupan dan kematian,kata kehidupan dan kematian,misteri kehidupan dan kematian,gambar kehidupan dan kematian,antara kehidupan dan kematian,rahasia kehidupan dan kematian,kehidupan dan kematian dalam islam,kehidupan selepas kematian menurut islam,kehidupan selepas kematian dalam islam,makna kehidupan dan kematian dalam islam,kehidupan sesudah kematian menurut islam,kehidupan kekal setelah kematian menurut islam,kehidupan sesudah kematian dalam islam,kehidupan setelah kematian manusia,makalah manusia kehidupan dan kematian,proses kehidupan dan kematian manusia,konsep kehidupan setelah kematian menurut hindu,apa makna kehidupan dan kematian bagimu,makna kehidupan setelah kematian,apa arti kehidupan dan kematian,apa makna kehidupan dan kematian,arti dari kehidupan dan kematian,jarak antara kehidupan dan kematian.

No comments

Powered by Blogger.