BREAKING NEWS :
Loading...

Santri harus terapkan fungsi tabayun 'Menkominfo"



Muslim bersatu - Di tengah banjirnya arus informasi yang tengah terjadi saat ini, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengajak para santri untuk senantiasa menerapkan prinsip tabayun, sebab tabayun merupakan salah satu ajaran dalam Islam.

“Yang pertama tabayun, kedua tabayun, ketiga tabayun. Kita diajarkan dalam Islam untuk tabayun, tabayun, tabayun,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Menkominfo Rudiantara saat menghadiri 'Seminar Santri Digital' yang dihelat Pesantren Mambaul Ma'arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (2/3).

Menurutnya, jika seseorang menerima sesuatu yang tidak benar kemudian langsung membagikan ke tempat lain, itu sama saja dengan melakukan fitnah berjamaah. “Kalau kita menerima sesuatu yang gak benar, kita akan melakukan fitnah berjamaah,” ujarnya. 

Dikatakan, perkembangan dunia digital yang saat ini semakin maju menuntut siapapun agar bisa menyesuaikan diri, termasuk dari kalangan pesantren. "Kita harus mengikuti arus perkembangan zaman dengan tidak mudah terbawa arus, jika bermedsos lakukan hal-hal yang posditif dengan konten-konten yang bermanfaat bagi yang baca, bukan malah menyebar hoaks," ajaknya.

Kegiatan seminar diikuti peserta berasal dari santri Denanyar, dewan asatidz, dan peserta Madrasah Design yang diselenggarakan di Pesantren Denanyar Jombang pada Jumat hingga Sabtu (1-2/3).

Pengasuh Pesantren Denanyar, KH Abdussalam Shokhib mengatakan bahwa perubahan zaman tiap saat yang selalu berkembang dengan cepat dan santri harus bisa meresponnya agar tidak tergilas oleh zaman. “Kita tiap tahun merasakan perubahan zaman yang begitu cepat. Kita sebagai santri harus bisa menyikapi dengan benar. Tidak boleh tergilas oleh arus perubahan itu,” beber Gus Salam.

Ia kemudian juga mengutip ucapan dari Al-Ghazali yang menyatakan bahwa santri yang cerdas adalah santri yang mampu merespon perubahan zaman. “Jadi sebagai santri harus responsif terhadap perubahan zaman,” ujarnya. 












terkait - tabayyun,tabayyun adalah,tabayuna,tabayun arti,tabayun atau mengecek kebenaran berita harus dilakukan mengapa demikian,tabayun adalh,tabayyun kbbi,tabayun online,tabayyun news,tabayun pa tigaraksa,tabayyun apa artinya,tabayyun arab,tabayyun apaan,tabayyun adalah kbbi,bahasa arab tabayyun,tabayyun berarti,tabayyun bermaksud,bahasa jawa tabayyun,tabayyun bahasa apa,tabayyun bogor,tabayun co id,contoh tabayyun,cara tabayyun,arti tabayyun,tata cara tabayyun,rumah singgah tabayun cibinong,tabayyun dalam islam,tabayyun dulu,tabayyun dakwatuna,tabayyun dan tatsabbut,arti tabayyun dalam bahasa indonesia,erti tabayun,tabayyun fitnah,fungsi tabayyun,foto tabayyun,tabayyun gus nur dan banser,gambar tabayyun,tabayyun gosip,tabayyun hoax,hadits tabayyun,hukum tabarruj,hikmah tabayyun,hakikat tabayyun,tabayyun itu apa,tabayyun itu,tabayyun islam,tabayyun itu artinya apa,tabayyun informasi,tabayyun itu apa ya,ilmu tabayyun

No comments

Powered by Blogger.