BREAKING NEWS :
Loading...

Para Santri Manfaatkan sampah plastik di Jepara



Muslim Bersatu - Pemuda-pemudi di masyarakat dan santri di Kabupaten Jepara Jawa Tengah yang ada di pesantren didorong untuk peduli terhadap limbah plastik yang setiap hari terus meningkat. 

Dorongan itu diinisiasi tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bersama IPNU-IPPNU dan Karang Taruna Desa Gemulung Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara dengan menggelar Pelatihan pengolahan limbah plastik bersama 20 peserta di Balai Kepemudaan Desa Gemulung, Sabtu (9/2) malam. 

Selain acara tersebut, awal pekan kemarin, Selasa (5/2) Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Region Kedung, Tahunan, dan Karimunjawa juga menyelenggarakan acara serupa. 

Kegiatan yang diikuti santri yang bertujuan mengenalkan pemanfaatan plastik bekas menjadi barang yang lebih berguna ini di pusatkan di Pesantren Al Mustaqim Desa Bugel Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. 

Koordinator desa (kordes) KKN Undip Afif kepada NU Online, Senin (11/2) mengatakan, pelatihan bagi pemuda itu diharapkan mampu mengurangi limbah plastik di pembuangan sampah yang sudah menggunung. "Dan mengajak organisasi kepemudaan desa mampu menggerakkan masyarakat untuk lebih cerdas menggunakan plastik yang telah terpakai agar bisa dimanfaatkan lebih baik, syukur bisa memiliki nilai jual," kata dia.

Pengurus IPNU Ranting Gemulung, Failasofa Shidqi Novian menambahkan, gerakan tersebut berangkat dari keresahan akan banyaknya sampah plastik di tempat pembuangan akhir (TPA).

"Sedangkan kita tahu sampah plastik susah terurai dan berbahaya pencemarannya terhadap alam terutama tanah," papar Ketua IPNU Gemulung, Sofa. 

Hasil pelatihan akan diajukan ke pemerintah desa (Pemdes) agar bisa mendapatkan support lebih dan akan dilanjutkan kepada anggota IPNU-IPPNU bersama Karang Taruna untuk melengkapi sekaligus memperindah wana wisata air yang ada di desa Gemulung yaitu Sendang Kamulyan. 

"Sembari mengajak masyarakat sekitar untuk ikut terlibat dalam menjaga lingkungan dan memanfaatkan sampah plastik menjadi barang yang bisa digunakan lebih baik lagi lebih-lebih memiliki nilai jual," imbuhnya.

Pengasuh Pesantren Al Mustaqim, Bugel, Kedung, Jepara KH Sholahuddin Muhsin Ali mengutarakan, lewat kegiatan di pesantrennya harapannya memberi kesadaran santri akan bahaya sampah plastik. "Dan pelatihan juga mengedukasi mereka," terang Gus Sholah yang juga Ketua Yayasan Muhsin Ali ini. 

Salah satu santri, Iskandar yang menjadi salah satu peserta pelatihan mengaku bahwa kegiatan di Pesantren Al-Mustaqim yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Industri (TI) Fakultas Saintek Unisnu Jepara bermanfaat bagi santri untuk mengenal limbah dan cara pengolahannya karena di pesantren juga ada problem terhadap limbah plastik. 











penulis - Saiful Chamdi
terkait - sampah plastik di indonesia,sampah plastik di laut,sampah plastik termasuk sampah,sampah plastik termasuk jenis sampah,sampah plastik jadi bbm,sampah plastik sebaiknya di,sampah plastik merupakan penyebab pencemaran,sampah plastik adalah,sampah plastik adalah pdf,sampah plastik animasi,sampah plastik aspal,mengapa sampah plastik akan terus bertambah,cara mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan,cara mengelola sampah plastik agar tidak mencemari tanah,cara mengurangi sampah plastik adalah,sampah plastik menurut para ahli,tempat sampah anyaman plastik,sampah plastik botol logam merupakan contoh sampah,sampah plastik bisa didaur ulang,sampah plastik bisa dijadikan apa,sampah plastik bahaya,sampah plastik bersifat,sampah plastik bisa jadi bbm,sampah plastik bekasi,sampah plastik botol,sampah plastik bali,sampah plastik citarum,sampah plastik campuran aspal,sampah plastik cnn,plastik sampah coklat,plastik sampah cap banteng,limbah plastik cikarang,limbah plastik.com,sampah plastik merupakan contoh bahan pencemar tanah karena bahan ini sulit,harga sampah plastik cacah,sampah plastik dapat menyebabkan pencemaran,sampah plastik disebut dengan,sampah plastik di indonesia 2018,dampak sampah plastik di indonesia,dampak sampah plastik di laut pdf,dampak sampah plastik di lingkungan,dimana sampah plastik tidak bisa hancur,di tong sampah plastik,sampah plastik d,sampah plastik era 90an,sampah plastik era 90,plastik sampah eco wangi,

No comments

Powered by Blogger.