BREAKING NEWS :
Loading...

Cara sedekah orang yang tidak mampu - Portal aswaja


Portal aswaja - Sedekah adalah amalan yang baik dan sangat di anjurkan di dalam islam, karena dengan memberi kita akan meringankan beban orang yang sedang membutuhkan, sedekah menjadikan kita jauh lebih menghargai orang yang membutuhkan , namun bagaimana cara sedekah orang yang tidak mampu.


Sebenarnya, anjuran sedekah ditujukan bagi seluruh orang, baik yang miskin maupun kaya, yang susah maupun senang. Namun  dalam realitasnya, sebagian orang yang tidak mampu secara ekonomi agak susah mengeluarkan sedekah, apalagi dalam jumlah banyak.

Kondisi ini juga pernah dialami sahabat Rasul. Mereka mengeluh kepada Rasulullah, betapa enaknya menjadi orang kaya. Ladang amalnya terbuka luas. Sedekah misalnya, bisa dilakukan terus-menerus bila orang tersebut memiliki uang banyak. Kemudian bagaimana dengan orang yang miskin?

Keluhan sahabat itu direspon oleh Rasulullah dalam hadits riwayat Muslim. Hadits ini juga dinukil oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Arba’in An-Nawawiyyah. Berikut bunyi haditsnya:


أَنَّ نَاساً مِنْ أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى  الله عليه وسلم قَالُوا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا رَسُوْلَ اللهِ، ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُوْرِ بِاْلأُجُوْرِ يُصَلُّوْنَ كَمَا نُصَلِّي، وَيَصُوْمُوْنَ كَمَا نَصُوْمُ، وَتَصَدَّقُوْنَ بِفُضُوْلِ أَمْوَالِهِمْ قَالَ : أَوَ لَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللهُ لَكُمْ مَا يَتَصَدَّقُوْنَ : إِنَّ لَكُمْ بِكُلِّ تَسْبِيْحَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيْرَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَحْمِيْدَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَهْلِيْلَةٍ صَدَقَةً وَأَمْرٍ بِالْمَعْرُوْفِ صَدَقَةً وَنَهْيٍ عَن مُنْكَرٍ صَدَقَةً وَفِي بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةً قَالُوا  : يَا رَسُوْلَ اللهِ أَيَأْتِي أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُوْنُ لَهُ فِيْهَا أَجْرٌ ؟ قَالَ : أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِي حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ وِزْرٌ ؟ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِي الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ


Artinya, “Sebagian sahabat Rasul pernah bertanya kepada Nabi SAW, ‘Wahai Rasulullah, orang-orang kaya pergi dengan pahala yang banyak. Mereka shalat seperti kami shalat, mereka juga puasa sebagaimana kami puasa, mereka juga bersedekah dengan kelebihan harta mereka (sementara kami tidak bisa melakukannya).’ Rasulullah berkata, ‘Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian jalan untuk bersedekah? Sesunggunya setiap tasbih adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap tahmid sedekah, setiap tahlil sedekah, setiap amar makruf nahi munkar juga sedekah, bahkan kemaluan kalian sedekah.’ Sahabat bertanya, ‘Apakah berpahala bila kami menyalurkan syahwat?’ Rasulullah menjawab, ‘Bagaimana pendapat kalian bila hal itu disalurkan pada jalan yang haram, bukankah berdosa? Demikian pula bila disalurkan pada jalan halal, maka akan mendapatkan pahala,’” (HR Muslim).



Tidak hanya itu, berhubungan badan dengan istri juga dianggap sebagai sedekah asalkan diniatkan untuk ibadah. Terkait hal ini, Ibnu Daqiqil ‘Id dalam Syarah Arba’in An-Nawawiyyah menjelaskan:


فالجماع يكون عبادة إذا نوى به الإنسان قضاء حق الزوجة  ومعاشرتها بالمعروف أو طلب ولد صالح أو اعفاف نفسه أو زوجته أو غير ذلك من المقاصد الصالحة


artinya, “Hubungan badan suami istri termasuk ibadah bila diniatkan memenuhi hak pasangan, bergaul dengan cara baik, melahirkan keturunan saleh, menjaga diri sendiri dan pasangan dari perbuatan yang tidak baik, dan tujuan baik lainnya.”

Dengan demikian, orang yang belum mampu secara finansial tidak perlu sedih bila tidak mampu bersedekah. Kalau mau bersedekah dengan uang atau materi yang dimiliki tentu lebih baik. Tetapi kalau pun tidak mampu, tidak usah dipaksakan karena jalan sedekah sangatlah banyak.


Sumber : http://www.nu.or.id
Tag - sedekah adalah,sedekah rombongan,sedekah jariyah,sedekah online,sedekah bumi,sedekah anak yatim,sedekah subuh,sedekah di hari jumat,sedekah artinya,sedekah kepada orang tua,sedekah berapa persen,sedekah cepat kaya,sedekah cukur rambut bayi,sedekah cara yusuf mansur,sedekah cari jodoh,sedekah cara rasulullah,sedekah cukur rambut,sedekah dan infaq,sedekah di kotak amal masjid,sedekah dari gaji,sedekah dikala sempit,sedekah di pagi hari,sedekah dan zakat,sedekah di masjid,sedekah doa terkabul,sedekah diam diam,sedekah gila,sedekah gaib,sedekah gado gado sampai ke mekkah,sedekah gaji dalam islam,sedekah gaji sebulan,sedekah gila gilaan,sedekah hari jumat,sedekah harian,sedekah harta,sedekah hadits,sedekah hukumnya,sedekah harus ikhlas,sedekah hibah dan hadiah,sedekah hasil gaji,sedekah hari kamis,sedekah habit malang,sedekah itu ajaib,sedekah itu,sedekah ilmu,sedekah infaq,sedekah kepada orang meninggal,sedekah kepada kucing,sedekah kepada istri,sedekah ke orang tua,keajaiban sedekah,sedekah laut,sedekah lazisnu,sedekah laut cilacap,sedekah lebih utama diberikan kepada,sedekah listrik,sedekah laut adalah,sedekah lirik,sedekah laut cilacap 2017,sedekah laut bahasa jawa,sedekah lucu,sedekah menolak bala,sedekah makanan,sedekah membawa berkah,sedekah menurut islam,sedekah menghapus dosa,sedekah mendatangkan jodoh,sedekah memanjangkan umur,sedekah menolak musibah,sedekah masjid,sedekah membuat kaya,manfaat sedekah,sedekah opick lirik,sedekah obat dari segala penyakit,sedekah orang miskin,sedekah oksigen,sedekah orang kristen,sedekah paytren,sedekah pangkal kaya,sedekah penghasilan,sedekah paling utama,sedekah pada orang tua,sedekah pembangunan masjid,sedekah pohon,sedekah penghasilan berapa persen,sedekah produktif,sedekah pengen punya rumah,sedekah quote

No comments

Powered by Blogger.