BREAKING NEWS :
Loading...

Dakwah itu mengajak, Bukan mengejek - Meskipun Berbeda mazhab

Mazhab (bahasa Arab: madzhab) adalah istilah dari bahasa Arab, yang berarti jalan yang dilalui dan dilewati, sesuatu yang menjadi tujuan seseorang baik konkrit maupun abstrak. Sesuatu dikatakan mazhab bagi seseorang jika cara atau jalan tersebut menjadi ciri khasnya.
Menurut para ulama dan ahli agama Islam, yang dinamakan mazhab adalah metode (manhaj) yang dibentuk setelah melalui pemikiran dan penelitian, kemudian orang yang menjalaninya menjadikannya sebagai pedoman yang jelas batasan-batasannya, bagian-bagiannya, dibangun di atas prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah.

Mazhab menurut ulama fiqih, adalah sebuah metodologi fiqih khusus yang dijalani oleh seorang ahli fiqih mujtahid, yang berbeda dengan ahli fiqih lain, yang menghantarkannya memilih sejumlah hukum dalam kawasan ilmu furu’. Ini adalah pengertian mazhab secara umum, bukan suatu mazhab khusus.
Dakwah itu mengajak bukan menjelek jelekan sebagai orang yang berilmu tinggi dan mengerti tentang islam yang sesungguhnya dialah orang yang mengerti bahwa islam itu adalah agama yang sepurna , di dalam islam juga mengajarkan untuk saling menghormati meski berbeda agama, banyak jalan menuju syurga dengan berbuat baik, menjalankan perintah Allah dengan petunjuk kitab suci Al-Quran dan mengikut apa yang di perintahkan Nabi Muhammad Saw.
Tetapi di zaman yang modern ini banyak sekali aliran aliran padahal di dalam islam kita sebagai umat nabi Muhammad harus bersatu, tetapi kenyataanya sekarang banyak sekali aliran, itu semua tidak masalah karena setiap manusia memilik akal dan akan itu di gunakan untuk berfikir , dimana yang benar dan tidak, akan tetapi banyak orang yang menjelek-jelekkan orang lain di karenakan ceramah nya tidak sependapat dengan nya, cara yang baik dan benar adalah berbicara dengan baik bukan dengan menjelek-jelekkan sesama muslim, ingat kita sebagai umat muslim di wajibkan untuk saling menghargai , saling menghormati saling menasehati dan saling membantu.
Justru yang terjadi saat ini adalah kita selalu membicarakan keburukan orang lain , bahkan menjelek-jelekkan aliran lain, apa pernah nabi muhammad menjelek -jelekkan orang lain. tidak pernah tapi berbicara dengan baik dan sopan.
niatnya  mengajak orang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, tapi cara yang digunakannya mencaci maki, menghina dan memburuk-burukan pihak lain yang tak sepaham dengannya.
Seakan syurga dia yang punya dan pihak lain yang tak sepaham dengannya masuk neraka semuanya. Jadi kebenaran ada di tangannya sendiri, pihak lain yang sama-sama muslim ketika berbeda pendapat dengannya justru dimaki-maki, dihina dijadikan bahan gunjingan yang mengaksyikan, dengan kata-kata kasarnya saudaranya sesama muslim”dibantainya!” dipermalukan di depan umum. Menyedihkan, dakwahnya bukan mengajak, tapi mengejek!
Islam adalah agama pertengahan yang selalu menjaga diantara yang radikal dengan yang lemah, Islam adalah agama pertengahan, agama yang selalu menjujung tinggi kebaikan dan tak mudah menyelahkan pihak lain atau orang lain yang seiman.
Nabi adalah semulia-mulia manusia, Beliau mengajarkan kepada kita semua untuk berlaku lemah lembut dan tak mudah mengkafirkan sesama muslim, apapun perbedaan pendapat dan mazhabnya. Islam disebarkan dengan kelembutan bukan dengan kekerasan dan menghina paham orang lain atau kelompok lain yang berbeda pendapat.
Nabi tak pernah mengajarkan untuk memaki pihak lain, menghina pihak lain dan mudah mengkafirkan orang lain yang sama-sama akidahnya, sama-sama syahadatnya, sama dalam gerakan dan bacaan sholatnya, sama iman dan Islamnya, sama dengan tata cara zakat, puasa dan hajinya. Bila seandainya pun berbeda, mereka juga punya dalil sendiri, yang bisa saja benar. Tak mengklaim kebenaran milik pribadi, kebenaran datangnya dari allah SWT. Dan yang mutlak benar hanya Allah SWT dan rosulnya, sedangkan kebenaran manusia itu relative adanya.
Islam disebarkan oleh nabi dengan kelembutan, bukan dengan kekerasan dan kebencian. Jikapun dapat dibenci dan dicaci maki, Nabi terus saja berdakwah dengan penuh kelembutan dan tidak dengan caci maki dan penghinaan, dan yang tidak mengikuti ajaran nabi, didoakan agar mendapat hidayah. Nabi selalu optimis jika bukan sekarang, mungkin nanti di masa akan datang anak cucu mereka akan mengikuti ajaran Islam dan beriman kepada Beliau. Dan ternyata benar, ingat kisah penyebaran Islam di Thaif, Nabi bukan disambut tapi disambit dengan batu, namun Nabi bukan mengutuk mereka, tapi mendoakannya.
” Janganlah kalian saling mendengki, saling membenci, mancari cacat orang lain, dan janganlah membujuk rayu dengan tipuan. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara ( HR Bukhori dan Muslim).
Rasulullah SAW bersabda, خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِيْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ “Sebaik-baik manusia adalah pada kurunku (Sahabat), kemudian yang sesudahnya (Tabi’in), kemudian yang sesudahnya (Tabi’ut Tabi’in).”[HR. Al-Bukhari no. 2652 dan Muslim no. 2533 ]

Tag :
mazhab meaning,mazhab islam,mazhab hanafi,mazhab in english,mazhab ferguson,mazhab syafie,mazhab nahi sikhata aapas mein lyrics,mazhab adalah,mazhab maliki,mazhab hambali,mazhab dalam islam,mazhab muhammadiyah,mazhab di malaysia,mazhab hanbali,mazhab syiah,mazhab salafi,mazhab wahabi,mazhab meaning in hindi,mazhab ibadi,mazhab meaning in english,mazhab meaning in bengali,mazhab meaning in arabic,mazhab meaning in bangla,mazhab meaning in malay,mazhab meaning in spanish,mazhab ka meaning,mazhab parasti meaning in english,mazhab nahi sikhata meaning,khabt e mazhab meaning,mazhab hanafi di indonesia,mazhab hanafi boleh pegang anjing,mazhab hanafi sotong,mazhab hanafi kaki bukan aurat,mazhab hanafi nikah tanpa wali,mazhab hanafi anjing,mazhab hanafi dan anjing,mazhab hanafi aurat,mazhab hanafi indonesia,mazhab hanafi pdf,mazhab hanafi tentang anjing,mazhab hanafi tentang sholat,mazhab hanafi di malaysia,mazhab hanafi solat,mazhab hanafi shalat,mazhab hanafi sentuh perempuan,mazhab hanafi aurat wanita,mazhab hanafi batal wudhu,mazhab hanafi tentang zakat fitrah,mazhab islam urdu,mazhab islam di indonesia,mazhab islam di pakistan,mazhab islam di bangladesh

No comments

Powered by Blogger.