BREAKING NEWS :
Loading...

Biografi KH A Wahid Hasyim

Biografi Singkat Mentri Agama Rebuplik Indonesia Pertama Kyai Haji Abdul Wahid Hasyim

Portal Aswaja

KH Abdul Wahid Hasyim
Mentri Agama 1 Indonesia & Pahlawan Nasional


KH Abdul Wahid Hasyim atau KH Wahid Hasyim adalah seorang tokoh NU putra dari pendiri organisasi Nahdlatul Ulama' yaitu Hadrotussyaikh KH Hasyim Asy'ary, berikut adalah biografi singkat dari KH Wahid Hasyim.

Nama : KH Abdul Wahid Hasyim
Tempat,tanggal lahir : Jombang 1 Juni 1914
Meninggal : Cimahi, Jawa Barat 19 April 1953 ( di usia 38 )
Makam : Komplek Pemakaman Tebu Ireng, Jombang
Agama : Islam
Istri : Nyai Hj Sholihah Munawwaroh
Anak :

  • KH Abdurrahman Wahid
  • Aisyah Hamid Baidlowi
  • KH Salahuddin Wahid
  • dr Umar Wahid, Sp.P
  • Lily Chodijah Wahid
  • Hasyim Wahid
Wahid Hasyim adalah putra dari tokoh pendiri NU yaitu KH Hasyim Asy'ary, Wahid Hasyim adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang juga merupakan seorang Mentri Agama pertama republik Indonesia. beliau juga seorang ayah dari presiden Indonesia ke-4 KH Abdurrahman Wahid.

KH Wahid Hasyim pada tanggal 24 Oktober 1943 ditunjuk menjadi Ketua Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi), selaku pemimpin ia merintis pembentukan Barisan Hizbullah yang membantu umat Islam mewujudkan kemerdekaan Indonesia. pada tahun 1944 ia mendirikan Sekolah Tinggi Islam di Jakarta yang pengasuhnya ditangani oleh KH A Kahar Muzakkir. ia juga menjadi anggota BPUPKI dan PPKI.

Wahid Hasyim memiliki segudang pemikiran tentang agama, negara, pendidikan, politik, kemasyarakatan, NU, dan pesantren menjadikannya lapisan sejarah ke-Islaman dan ke-Indonesiaan yang tidak bisa digantikan oleh siapapun dan kapanpun.

Perubahan rumusan Pancasila sila pertama yang berbunyi " Kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya" menjadi " Ketuhanan yang Maha Esa" tak lepas dari peran sang kyai muda ini.

Wahid Hasyim meninggal dunia diusia yang relatif masih sangat muda, beliau meninggal dalam kecelakaan mobil di kota Cimahi tanggal 19 April 1953.

Semua anak KH Wahid Hasim tumbuh menjadi orang sukses semua dan sangat berperan besar dalam kemajuan negara. Sebut saja Gus Dur anak pertama dari KH Wahid Hasyim seorang presiden ke-4 Indonesia, Aisyah Baidlowi dan Lily Chadijah merupakan mantan anggota DPR, KH Salahuddin Wahid pernah menjadi wakil ketua Komnas HAM, Umar Wahid seorang dokter dan adiknya Hasyim Wahid juga terjun masuk kedunia perpolitikan Indonesia.

KH Wahid Hasyim adalah seorang Kyai muda yang sangat berprestasi, karya karyanya akan dikenang sepanjang sejarah Indonesia sampai membawa namanya dianugrahi sebagai seorang Pahlawan Nasional Indonesia.

No comments

Powered by Blogger.